Peristiwa
Selasa, 14 Februari 2017 - 06:21:45 | redaksi / Sorot Magelang

Tanggal 15 Februari Ternyata Hari Libur Nasional
Tanggal 15 Februari Ternyata  Hari Libur Nasional
Ilustrasi by net

Magelang, (sorotmagelang.com)--Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017, Presiden Joko Widodo menetapkan 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional. Penetapan itu bertepatan dengan hari pencoblosan Pilkada serentak di 101 daerah tahun 2017.

Penetapan dilakukan pada Jumat (10/2/2017) di Jakarta. Hal itu tertuang pada surat edaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Nomor 270/0002404 tentang Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Tengah tertanggal 10 Februari 2017.

Dalam surat edaran tersebut tertera bahwa dalam rangka memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat Jawa Tengah untuk menggunakan hak pilih dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Jawa tengah tahun 2017, maka hari Rabu, 15 Februari 2017 ditetapkan sebagai hari libur.

Meski demikian, dalam surat tersebut kepala unit atau satuan kerja organisasi yang berfungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat luas antara lain rumah sakit, Puskesmas, telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, perhubungan dan unit pelayanan lain yang sesama, agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur dimaksud sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Setiap pimpinan instansi Pemerintah Daerah agar melakukan pengaturan dan pemantauan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut dan mengambil langkah-langkah peningkatan disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undangan,” akhir diktum surat edaran Pemprov Jateng tersebut. 

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, penetapan hari libur nasional ini dilakuan dengan mempertimbangkan Pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pasal itu menyebutkan bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari yang diliburkan.

Berita Terkait :