Peristiwa
Minggu, 12 Februari 2017 - 08:08:08 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Kapal Besar di Jalan Raya, Cap Go Meh Magelang Meriah
Kapal Besar di Jalan Raya, Cap Go Meh Magelang Meriah
Space Iklan
Kapal besar yang ditampilkan dalam perayaan Cap Go Meh di Magelang.

Magelang Tengah,(sorotmagelang.com)--Mengusung tema merajut persatuan dan kesatuan untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia,  kirab budaya meriahkan acara peringatan Cap Go Meh yang diselenggarakan oleh Yayasan Tri Bhakti di Magelang, Sabtu (11/02/2017). Kirab dimulai dari Kelenteng Tempat Ibadah Tri Dharma (TTID) Liong Hok Bio lalu berkeliling menyusuri Jalan Pemuda, Pasar Rejowinangun, Jalan Sriwijaya, Jalan Majapahit, Jalan Daha, hingga berakhir di kelenteng.

Beragam suguhan bak parade kekaisaran Cina ditampilkan, termasuk kesenian daerah dan replika kebangsaan. Sebuah replika kapal besar yang dinaiki berbagai jenis suku dan agama serta lambang negara yaitu Pancasila juga turut diarak mengelilingi Kota Magelang.

"Kapal besar adalah untuk melambangkan sejarah datangnya para pendahulu kita menuju ke sini dengan mengendarai kapal, karena dulu masih belum ada fasilitas seperti sekarang," ucap Ketua Yayasan Tri Bhakti Kota Magelang, Paul Chandra Wesi Aji, Sabtu.

Di sebuah kapal yang dinaiki oleh replika masyarakat dengan menggunakan kostum berbagai suku dan agama tersebut juga bertuliskan rukun itu indah marilah kita bersatu untuk NKRI.

"Kalau sudah rukun mau apa saja nyaman, dan kami juga hendak mengingatkan kembali pentingnya persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut berbagai jenis kesenian daerah seperti Jathilan, Topeng Ireng, Dayakan, tari Soreng, Kuda Lumping, Tarian jatilan pitek walik, Tari ondel-ondel, Tari buto-buto serta Reog Ponorogo juga turut hadir menghibur para masyarakat yang datang untuk menyaksikan agenda tahunan tersebut.

"Kami tidak membeda-bedakan, semua masyarakat kami peeailahkan untuk menyaksikan acara ini," ungkapnya.

"Jika biasanya hanya lima jenis kesenian, kali ini ada sepuluh jenis kesenian dan tarian yang memang kami siapkan untuk menghibur masyarakat," imbuhnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS