Peristiwa
Jumat, 10 Februari 2017 - 07:18:28 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Aksi Sejumlah Mahasiswa Peringati Hari Pers Nasional
Aksi Sejumlah Mahasiswa Peringati Hari Pers Nasional
Space Iklan
Sejumlah mahasiswa saat berorasi di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (10/02/2017).

Magelang Tengah,(sorotmagelang.com)-- Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa Tidar 21 Universitas Muhammadiyah melakukan aksi damai dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari di Alun-alun Magelang, Kamis (09/02/2017). Para mahasiswa tersebut membentangkan spanduk dengan berbagai tulisan serta berorasi untuk menyampaikan berbagai aspirasinya.

"Sehingga pemasangan barcode ini akan mengancam kebebasan berpendapat bagi media pers yang belum memiliki barcode karena dianggap tidak terdaftar," ucap Cindia, koordinator aksi damai dengan tema Simpatik Pers, Kamis pagi.

Dirinya juga menyampaikan beberapa poin penting yang disampaikan untuk memperingati Hari Pers Nasional kali ini.

"Kami ingin mengajak masyarakat, instansi pendidikan, pemerintah, serta perusahaan media untuk selalu menjujung tinggi kode etik jurnalistik, memenuhi hak-hak seorang jurnalis yang ingin mendapatkan informasi," tuturnya.

Dikatakan, media juga harus independen dan menggali kebenaran informasi. Pasalnya media saat ini dirasa banyak yang hanya memihak pada penguasa.

"Media yang notabenya dapat menjadi penyambung lidah rakyat, kini tak pernah menyuarakan apa yang dirasakan rakyat, masyarakat harusnya bersikap kritis dan berhati-hati dalam mengkonsumsi berita sehingga tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang masih abstrak," ungkapnya.

"Kami berharap dengan berkembang dan bertambahnya teknologi informasi dewasa ini, maka pers sebagai wahana komunikasi masa yang melaksanakan kegiatan jurnalis dapat menyajikan berita yang akurat dan terpercaya. Sehingga berita yang tersebar bukanlah berita burung yang dapat memprovokasi masyarakat," imbuhnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS