Peristiwa
Sabtu, 14 Januari 2017 - 17:36:59 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Tambang Liar Merajalela, Sabodam Terancam Ambrol !
Tambang Liar Merajalela, Sabodam Terancam Ambrol !
Space Iklan
Alat berat ilegal saat beraktivitas

Mungkid,(sorotmagelang.com)--Penambangan liar di sekitaran lereng merapi semakin meresahkan. Namun begitu para penambang liar juga masih melakukan aksinya. Tak hanya itu, akibat penambangan liar, sabodam (penahan lahar dingin) terancam ambrol apabila ada erupsi merapi dan digerus terus menerus.

Setelah dirapatkan pada Rabu (11/1) bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Pemkab, Polres, Pengadilan Negeri dan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) menghasilkan tim koordinasi lintas sektoral.

Wakapolres Magelang, Kompol Heru Budiharto menilai, proses koordinasi lintas sektoral diperlukan karena proses penanganan dan penindakan penambangan ilegal harus dilakukan secara komperehensif dan melibatkan semua pihak.

"Selama ini kan semua berjalan sendiri-sendiri. Sekarang dengan adanya tim ini penanganan bisa lebih cepat. Misal terkait izin langsung kita bisa tahu mana yang sudah berizin dan sebaliknya. Kalau belum ya kita sikat,” katanya, Sabtu (14/1/2017).

Heru mengakui, selama ini memang banyak keluhan dan laporan dari masyarakat kepada kepolisian terkait maraknya penambangan liar di Magelang.

”Fenomena (penambangan) sudah meresahkan, maka kepolisian harus bertindak, Pemda dan instansi lain juga harus bertindak,” tegasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa sejumlah warga melaporkan bahwa Sabodam Kali Putih di wilayah Dusun Jengglik, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang terancam aktivitas penambangan alat berat ilegal. Para penambang nekat menambang di sekitar bangunan sabodam sehingga posisi sabodam kini dalam kondisi menggantung.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS