Peristiwa
Kamis, 12 Januari 2017 - 09:24:52 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Si Mungil Naik Karena Imbas Ibu Kota ?
Si Mungil Naik Karena Imbas Ibu Kota ?
Monitoring harga cabai di pasar

Magelang Tengah (sorotmagelang.com)--Pemicu naiknya harga cabai di Kota Magelang diduga karena imbas dari pengaruh cuaca yang selalu turun hujan. Selain itu tingginya harga cabai di ibu kota Jakarta juga cukup berpengaruh terhadap kondisi hargai di daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Joko Budiono mengungkapkan bahwa distributor cabai yang masuk dalam kota berasal dari daerah kabupaten.

"Kami sudah melakukan survei, suplier cabai yang masuk ke kota adalah berasal dari Muntilan, Sawangan dan Kali Angkrik. Sedangkan di kabupaten itu sendiri ada distributor besar tetapi larinya ke Jakarta dan Batam," ucap Joko, Rabu (11/01/2017).

Dikatakan, karena Jakarta butuh bahan banyak tapi suplai dari Magelang tidak maksimal, maka itulah yang menyebabkan harga naik.

"Selain itu cuaca hujan terus menyebabkan panen tidak maksimal dan banyak yang busuk juga," tuturnya.

Meski kondisi demikian, untuk stok cabai di pasar-pasar Kota Magelang dirasa selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat.

"Untuk saat ini permintaan pasar tetap stabil. Stok barang juga slalu ada. Setiap harinya stok barang yang tersedia ada kurang lebih 3 ton untuk semua jenis cabai," ungkapnya.

 

Berita Terkait :