Ekonomi
Rabu, 11 Januari 2017 - 15:41:01 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Cabai Makin Pedas, Pemkot Jalan-Jalan Keliling Pasar
Cabai Makin Pedas, Pemkot Jalan-Jalan Keliling Pasar
Space Iklan
Suasana pemantauan harga pasar

Magelang Tengah (sorotmagelang.com)--Kabar naiknya harga cabai di tingkat nasional membuat Pemerintah Kota Magelang untuk memantau perkembangan harga di daerahnya. Rabu (11/1/2016) siang, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Joko Budiono didampingi Kabag Humas Kota Magelang, Catur Sawahyo melakukan pemantauan harga di sejumlah pasar.

Joko Budiono mengungkapkan, sesuai peraturan pihaknya memang harus selalu melakukan monitoring harga keliling pasar.

"Ada 19 jenis barang yang harus kami minitor diantaranya ketela pohong, beras, gula, daging, telur, susu, terigu, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, garam beryodium, mie instan, kacang tanah dan kacang hijau," ucap Joko.

Dipaparkan bahwa harga cabai saat monitoring hari ini di dua pasar yaitu pasar Bonpolo dan Pasar Rejowinangun mengalami perbedaan harga, selisih antara Rp 5 -10 ribu/kg.

"Di Bonpolo harga cabai rawit merah Rp 90 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp 55 ribu/kg, cabai merah Rp 45 ribu/kg, cabai merah keriting Rp 50 ribu/kg. Sedangkan di Pasar Rejowinangun harga cabai rawit merah Rp 80 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp 50 ribu/kg, cabai merah Rp 40 ribu/kg, cabai merah keriting Rp 45 ribu/kg," terangnya.

Dikatakan pula olehnya bahwa wewenang Dinas Perindustrian dan Perdagangan saat kenaikan harga cabai seperti saat ini hanya sebatas memantau dan belum berani melakukan upaya tindak lanjut.

"Meskipun harga masih diatas normal, selama barang selalu ada dan masih siap, itu tidak masalah. Kalau sudah tidak siap baru kita lakukan tindakan," tutur Joko.

Berita Terkait :


HOT NEWS