Ekonomi
Rabu, 11 Januari 2017 - 07:23:44 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Edan! Seribu Cuma Dapat Tiga Biji Cabai
Edan! Seribu Cuma Dapat Tiga Biji CabaiIklan Samping BeritaIlustrasi by net.

Bandongan,(sorotmagelang.com)--Harga komoditi sayuran jenis cabai beberapa pekan terakhir ini selalu merangsak naik di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali Magelang. Meski begitu, kenaikan cabai tak begitu mempengaruhi jumlah pembeli selama ini.

Ribut (55), salah satu pedagang Pasar Bandongan mengaku kenaikan cabai tersebut memang terjadi sejak lama namun tidak stabil. “Memang sudah sejak lama namun harga cabai kadang naik kadang turun,” ucap wanita yang tinggal di Desa Maduretno, Kecamatan Kaliangkrik, Selasa (10/01/2016).

Dipaparkan pula olehnya bahwa untuk saat ini jenis cabai rawit putih dijual dengan harga Rp 75 ribu/kg, cabai merah kriting Rp 40 ribu/kg sedangkan cabai ijo dijualnya Rp 20 ribu/kg. “Namun untuk cabai cabai rawit putih yang jelek karena pateken (berwarna hitam) masih bisa saya jual dengan harga Rp 60 ribu/kg,” ungkapnya.

Wanita yang sudah selama 35 tahun berjualan cabai tersebut juga mengaku membeli cabai langsung dari petaninya sehingga harganya cenderung lebih murah.  “Selama ini jumlah pembeli tetap setabil karena rata-rata yang beli setiap hari orangnya sama, itu-itu saja,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nuriyah (45) pedagang cabai Pasar Bandongan yang tinggal di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Ia mengku jumlah pembeli saat ini masih setabil, seperti hari-hari biasanya. Namun kuantitas barang yang dibeli menjadi sedikit.

“Kalau biasanya membeli setengah kilo, kini setelah harga cabai naik mereka hanya membeli seperempat kilo,” ucapnya.

Dipaparkan pula olehnya bahwa beberapa waktu yang lalu untuk harga cabai rawit putih sempat menanjak naik Rp 90 ribu/kg. “Banyak para pelanggan yang mengeluh karena beli seribu hanya dapat 3 biji cabai,” imbuhnya.

Berita Terkait :


HOT NEWS