Peristiwa
Senin, 09 Januari 2017 - 21:00:11 | tabah-riyadi / Sorot Magelang

Takut Seram, Kantor BPK Disulap Jadi Museum
Takut Seram, Kantor BPK Disulap Jadi Museum
Space Iklan
Suasana pasca peresmian museum

Magelang Tengah,(Sorotmagelang.com)--Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di komplek Karesidenan Kedu-Surakarta (Bakorwil II) Kota Magelang yang telah berdiri sejak lama, kini telah direnovasi dan diresmikan, Senin (09/01/2017).

Turut hadir pula dalam peresmian renovasi Museum BPK itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, serta para kepala daerah di wilayah Jateng baik Bupati maupun Walikota.

Tempat yang dulunya menjadi kantor pertama BPK RI tersebut kini disulap menjadi museum modern, full colour dan penuh dengan teknologi modern. Di sekitar museum tersebut juga turut disediakan taman bermain bagi para anak-anak.

Wakil Ketua BPK RI, Sapto Amal Damandari dalam sambutan peresmian mengungkapkan bahwa museum yang dulunya kecil dan sempit tersebut kini direnovasi menjadi cukup luas. Di dalamnya di kini berisi benda-benda bersejarah sejak BPK RI berdiri pada tahun 1947.

“Untuk isi dari museum sendiri kami berikan sebagian benda asli dan sebagian replika. Agar tidak terkesan seram, maka kami konsep dengan konsep modern sehingga menarik pengunjung,” ucap Sapto Amal Damandari.

Selain melihat koleksi BPK selama ini, para pengunjung juga bisa menonton video, bermain permainan edukatif, serta mencoba teknologi hologram. “Kami juga sediakan area bermain khusus anak-anak (kids museum),” tuturnya.

Dikatakan lebih lanjut, museum BPK tersebut juga akan dikelola oleh UPT yang akan selalu merawat serta mempromosikan museum. Museum juga bersedia menerima titipan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan BPK.

 

Berita Terkait :


HOT NEWS