Wisata
Jumat, 05 Agustus 2016 - 14:51:34 | tsaniyah-faidah / Sorot Magelang

Wisata Sejarah Bakal Disediakan di Gerbang Kerkhof
Wisata Sejarah Bakal Disediakan di Gerbang Kerkhof
Gerbang Kerkhof di Jalan Jenderal Sudirman

Magelang Selatan,(sorotmagelang.com)--Pemkot Magelang berencana membuat Taman Gerbang Kerkhof di Jalan Sudirman, Kota Magelang untuk dijadikan sebagai fasilitas rekreasi.

Dikatakan Kepala Dinas Pertamanan dan Tata Kota (DKPTK) Kota Magelang, Arif Barata Sakti, pembangunan taman hanya di sekitar gerbang. Sedangkan Gerbang Kerkhofnya sendiri sama sekali tidak disentuh.

“Pembangunan ini pun atas usulan masyarakat. Mereka menginginkan bantaran Kali Bening bisa dibuat taman. Fasilitasnya ada pot, tempat duduk, lampu, dan lainnya sehingga bisa untuk rekreasi,” paparnya, Jumat (05/08/2016).

Saat ini sejumlah material untuk membangun taman yang memakan anggaran Rp 80 juta itu telah disiapkan. Targetnya, taman tersebut sudah bisa dinikmati masyarakat pada November 2016.

Selain taman, di area tersebut juga akan disediakan prasasti berbahasa Indonesia berkonten sejarah bangunan Gerbang Kerkhof. Hal ini dimaksudkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat yang berkunjung.

“Jadi tidak hanya sekedar rekreasi. Tapi juga ada pembelajaran sejarahnya,” tutur Arif.

Menurut dia, potensi wisata heritage di kawasan tersebut sangat bagus. Apalagi lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan protokol.

Berita Terkait :